Rabu, 22 Maret 2017

PENGERTIAN KREATIF
kreatif didefenisikan sebagai kemampuan untuk mencipta atau proses timbulnya ide baru. Pada intinya pengertian kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, dalam bentuk ciri-ciri aptitude maupun non aptitude, dalam karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, dan semuanya relatif berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya. Sebenarnya, ada banyak pengertian kreativitas, misalnya ada yang mengartikan kreativitas sebagai upaya melakukan aktivitas baru dan mengagumkan. Di lain pihak, ada yang menganggap bahwa kreativitas adalah menciptakan inovasi baru yang mencengangkan.


PENGERTIAN KREATIFITAS MENURUT PARA AHLI :
·         Pengertian Kreativitas Menurut Widayatun: Kreativitas adalah suatu kemampuan untuk memecahkan masalah, yang memberikan individu menciptakan ide-ide asli/adaptif fungsi kegunaannya secara penuh untuk berkembang.  
·         Pengertian Kreativitas Menurut James R. Evans: Kreativitas adalah keterampilan untuk menentukan pertalian baru, melihat subjek perspektif baru, dan membentuk kombinasi-kombinasi baru dari dua atau lebih konsep yang telah tercetak dalam pikiran
·         Pengertian Kreativitas Menurut Santrock: Kreativitas adalah kemampuan untuk memikirkan tentang sesuatu dalam cara yang baru dan tidak biasanya serta untuk mendapatkan solusi-solusi yang unik.
·         Pengertian Kreativitas Menurut Semiawan: Kreativitas adalah kemampuan untuk memberikan gagasan-gagasan baru dan menerapkannya dalam pemecahan masalah. Kreativitas meliputi baik ciri-ciri aptitude seperti kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan keaslian (originality) dalam pemikiran, maupun ciri-ciri non aptitude, seperti rasa ingin


PENGERTIAN KREATIF
Kreatif adalah memiliki daya cipata, mempunyai kemampuan untuk mencipatakan,atau mampu menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun kenyataan yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. Menurut Wollfolk, kreativitas adalah kemampuan individu untuk menghasilkan sesuatu (hasil) yang baru atau asli atau pemecahan suatu masalah. Cony Seniman menyatakan bahwa kreativitas addalah kemampuan untuk menghasilkan atau mencipatakan suatu produk baru.
PENGERTIAN INOVASI
Inovasi adalah sebuah proses pembaruan dalam unsur kebudayaan masyarakat, yakni teknologi. Inovasi berarti penemuan baru dalam teknologi manusia. Dalam pengertian yang lain, inovasi juga dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk memperkenalkan hal-hal baru atau temuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau sudah dikenal sebelumnya. Orang yang melakukan inovasi disebut inovator. Sesuatu hal yang inovatif haruslah bermanfaat bagi sang inovator atau orang lain. Umumnya, inovasi dibedakan atas inovasi yang terjadi karena sengaja (invention) dan inovasi yang terjadi tanpa disengaja (discovery). Invention adalah proses munculnya suatu hal baru dari kombinasi hal-hal lama yang telah ada. Sedangkan, discovery adalah penemuan hal baru, baik berupa alat ataupun gagasan. Discovery dapat menjadi invention jika masyarakat sudah mengakui, menerima, dan memanfaatkan hasil inovasi tersebut.
CONTOH PERUSAHAAN BERBASIS IT
“ELECTRONIC ARTS”
Electronic Arts merupakan sebuah perusahaan multinasional yang menghasilkan beragam macam produk multimedia. Didirikan oleh pada tahun 1982. Perusahaan ini mempekerjakan 8.000 karyawannya pada tahun 2008. Bermarkas di Redwood City, California. EA sering dikritik karena sering melakukan aksekusi secara baik maupun tidak baik.
Dibawah ini ialah struktur perusahaan permainan milik Electronic Arts:[1]
·         EA Games:
·         Visceral Games
·         EA Los Angeles
·         EA Montreal
·         BioWare
·         EA Digital Illusions CE


1.       Ide terbaik yang tiba-tiba muncul
Membuat kampung kreatif digital yang berisikan orang orang kreatif dengan membuat karya seni digital seperti contoh, WPAP Art, Vector Art, Smudge Art. Kemudian karya karya tersebut dikumpulkan menjadi satu pameran karya digital
No
Pernyataan/Sikap Orang Lain
Pikiran Kreatif Saudara
1
“Baru-baru ini sulit menabung”
a.       Menyisisihkan antara uang jajan dan uang tabungan.
b.      Menabung uang walaupun jumlah sedikit.
c.       Membuat tabungan sendiri dari kaleng.
2
“sulit membagi waktu”
a.       Memplaning waktu yang efesien.
b.      Membedakan antara waktu yang penting dan waktu yang santai.
c.       Membagi waktu sebaik mungkin dan menghargai waktu
2.       


















                                        



1. Risiko apa yang akan Saudara pertimbangkan ketika Saudara adalah orang yang takut dengan ketinggian namun anda diajak Teman anda untuk mendaki gunung ?
Jawab:
Saya akan merasa berkeringat dingin dan membayangkan yang tidak-tidak, tersesat dan terpisah dari rombongan
2. Mengapa berani mengambil risiko itu?

Jawab:
Karena saya ingin mencoba hal yang baru dan tidak akan bertahan dalam ketakutan maka dari itu saya harus melawan rasa ketakutan tersebut.
3. Jika risiko tersebut diambil dan ternyata gagal, hasil terburuk apa yang mungkin Saudara peroleh?

Jawab:
Saya akan trauma dan saya tidak akan mencoba lagi dengan waktu yang akan lama dan bisa saja saya akan membenci diri saya sendiri karena sudah mencoba hal yang diluar nalar saya
4. Bagaimana Saudara mengatasi kegagalan tersebut?

Jawab:
Berusaha bangkit dan bercerita kepada orang yang sudah bepengalaman dan akan mencoba memulihkan diri saya dan saya tidak akan terjebak dalam ketakutan yang berkepanjangan.
5. Atau, Saudara memiliki alternatif yang lain?

Jawab:

Saya akan melihat film-film tentang bagaimana mendaki gunung agar tidak tersesat dan tidak takut lagi akan kegelapan.


Salam, Nugroho Widianto
Email Mahasiswa : 15390100028@stikom.edu
DIII Manajemen Informatika
http://mi.stikom.edu
Dosen Pembimbing : Titik Lusiani, M.Kom,OCP
http://blog.stikom.edu/lusiani
https://titiklusiani.wordpress.com
http://www.stikom.surabaya

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2010 PRINGISAN.

Theme by WordpressCenter.com.
Blogger Template by Beta Templates.