PENGERTIAN KREATIF
kreatif
didefenisikan sebagai kemampuan untuk mencipta atau proses timbulnya ide baru.
Pada intinya pengertian kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk
menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, dalam
bentuk ciri-ciri aptitude maupun non aptitude, dalam karya baru
maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, dan semuanya relatif berbeda
dengan yang sudah ada sebelumnya. Sebenarnya, ada banyak pengertian
kreativitas, misalnya ada yang mengartikan kreativitas sebagai upaya melakukan
aktivitas baru dan mengagumkan. Di lain pihak, ada yang menganggap bahwa
kreativitas adalah menciptakan inovasi baru yang mencengangkan.
PENGERTIAN
KREATIFITAS MENURUT PARA AHLI :
·
Pengertian Kreativitas Menurut Widayatun: Kreativitas adalah
suatu kemampuan untuk memecahkan masalah, yang memberikan individu menciptakan
ide-ide asli/adaptif fungsi kegunaannya secara penuh untuk berkembang.
·
Pengertian Kreativitas Menurut James R. Evans: Kreativitas adalah
keterampilan untuk menentukan pertalian baru, melihat subjek perspektif baru,
dan membentuk kombinasi-kombinasi baru dari dua atau lebih konsep yang telah
tercetak dalam pikiran
·
Pengertian Kreativitas Menurut Santrock: Kreativitas adalah
kemampuan untuk memikirkan tentang sesuatu dalam cara yang baru dan tidak
biasanya serta untuk mendapatkan solusi-solusi yang unik.
·
Pengertian Kreativitas Menurut Semiawan: Kreativitas adalah
kemampuan untuk memberikan gagasan-gagasan baru dan menerapkannya dalam
pemecahan masalah. Kreativitas meliputi baik ciri-ciri aptitude seperti
kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan keaslian (originality) dalam
pemikiran, maupun ciri-ciri non aptitude, seperti rasa ingin
PENGERTIAN KREATIF
Kreatif
adalah
memiliki daya cipata, mempunyai kemampuan untuk mencipatakan,atau mampu
menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun kenyataan yang
relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. Menurut Wollfolk,
kreativitas adalah kemampuan individu untuk menghasilkan sesuatu (hasil) yang
baru atau asli atau pemecahan suatu masalah. Cony Seniman menyatakan bahwa
kreativitas addalah kemampuan untuk menghasilkan atau mencipatakan suatu produk
baru.
PENGERTIAN INOVASI
Inovasi
adalah sebuah proses pembaruan dalam unsur kebudayaan masyarakat, yakni
teknologi. Inovasi berarti penemuan baru dalam teknologi manusia.
Dalam pengertian yang lain, inovasi juga dapat didefinisikan sebagai kemampuan
untuk memperkenalkan hal-hal baru atau temuan baru yang berbeda dari yang sudah
ada atau sudah dikenal sebelumnya. Orang yang melakukan inovasi disebut
inovator. Sesuatu hal yang inovatif haruslah bermanfaat bagi sang inovator
atau orang lain. Umumnya, inovasi dibedakan atas inovasi yang terjadi karena
sengaja (invention) dan inovasi yang terjadi tanpa disengaja (discovery).
Invention adalah proses munculnya suatu hal baru dari kombinasi hal-hal
lama yang telah ada. Sedangkan, discovery adalah penemuan hal baru, baik
berupa alat ataupun gagasan. Discovery dapat menjadi invention jika
masyarakat sudah mengakui, menerima, dan memanfaatkan hasil inovasi tersebut.
CONTOH PERUSAHAAN BERBASIS IT
“ELECTRONIC
ARTS”
Electronic
Arts merupakan
sebuah perusahaan multinasional yang menghasilkan beragam macam produk
multimedia. Didirikan oleh pada tahun 1982. Perusahaan ini mempekerjakan 8.000
karyawannya pada tahun 2008. Bermarkas di Redwood City, California. EA sering
dikritik karena sering melakukan aksekusi secara baik maupun tidak baik.
Dibawah
ini ialah struktur perusahaan permainan milik Electronic Arts:[1]
·
EA
Games:
·
Visceral
Games
·
EA
Los Angeles
·
EA
Montreal
·
BioWare
·
EA
Digital Illusions CE
1.
Ide terbaik yang tiba-tiba muncul
Membuat
kampung kreatif digital yang berisikan orang orang kreatif dengan membuat karya
seni digital seperti contoh, WPAP Art, Vector Art, Smudge Art. Kemudian karya
karya tersebut dikumpulkan menjadi satu pameran karya digital
No
|
Pernyataan/Sikap Orang Lain
|
Pikiran Kreatif Saudara
|
1
|
“Baru-baru ini sulit menabung”
|
a.
Menyisisihkan antara uang jajan
dan uang tabungan.
b.
Menabung uang walaupun jumlah
sedikit.
c.
Membuat tabungan sendiri dari
kaleng.
|
2
|
“sulit membagi waktu”
|
a.
Memplaning waktu yang efesien.
b.
Membedakan antara waktu yang
penting dan waktu yang santai.
c.
Membagi waktu sebaik mungkin dan
menghargai waktu
|
2.
1. Risiko apa yang
akan Saudara pertimbangkan ketika Saudara adalah orang yang takut dengan
ketinggian namun anda diajak Teman anda untuk mendaki gunung ?
Jawab:
Saya akan merasa
berkeringat dingin dan membayangkan yang tidak-tidak, tersesat dan terpisah
dari rombongan
2. Mengapa berani
mengambil risiko itu?
Jawab:
Karena saya ingin
mencoba hal yang baru dan tidak akan bertahan dalam ketakutan maka dari itu
saya harus melawan rasa ketakutan tersebut.
3. Jika risiko
tersebut diambil dan ternyata gagal, hasil terburuk apa yang mungkin Saudara
peroleh?
Jawab:
Saya akan trauma dan
saya tidak akan mencoba lagi dengan waktu yang akan lama dan bisa saja saya
akan membenci diri saya sendiri karena sudah mencoba hal yang diluar nalar saya
4. Bagaimana Saudara
mengatasi kegagalan tersebut?
Jawab:
Berusaha bangkit dan
bercerita kepada orang yang sudah bepengalaman dan akan mencoba memulihkan diri
saya dan saya tidak akan terjebak dalam ketakutan yang berkepanjangan.
5. Atau, Saudara
memiliki alternatif yang lain?
Jawab:
Saya akan
melihat film-film tentang bagaimana mendaki gunung agar tidak tersesat dan
tidak takut lagi akan kegelapan.
Salam, Nugroho Widianto
Email Mahasiswa : 15390100028@stikom.edu
DIII Manajemen Informatika
http://mi.stikom.edu
Dosen Pembimbing : Titik Lusiani, M.Kom,OCP
http://blog.stikom.edu/lusiani
https://titiklusiani.wordpress.com
http://www.stikom.surabaya
0 komentar:
Posting Komentar